Friday, 13 January 2017

Wisata KE Gancik Hill Top : Jalur Pendakian Baru di Lereng Merbabu

Wisata KE Gancik Hill Top :  Jalur Pendakian Baru di Lereng Merbabu
Gancik Hill Top, mungkin nama tempat ini belum familiar ditelinga Kamu. Gancik Hill Top belum banyak dikenal orang karena memang masih sangat baru.Tempat ini merupakan salah satu objek wisata di lereng gunung Merbabu.
Bukan hanya itu, tempat ini menjadi salah satu jalur pendakian baru gunung Merbabu yang  biasa disebut sebagai jalur gancik. Bagi Kamu yang suka berwisata dilereng gunung atau ingin  mendaki gunung Merbabu dapat mencoba untuk ke Gancik Hill Top.

Gancik Hill Top bisa Kamu jadikn pilihan untuk liburan maupun untuk mendaki, ataupun untuk keduanya mendaki sambil berwisata. Karena tempat ini pas banget untuk selfie, dan socmed catching banget.

Akses Menuju Gancik Hill Top

Gancik Hill Top berada di kecamatan Selo Boyolali, hanya sekitar 2 kilometer jaraknya dengan New Selo. Bagi Kamu yang sudah pernah mendaki gunung Merbabu melali jalur Selo tentunya sudah pernah melewati daerah ini. Selo merupakan jalur perbatasan antara kabupaten Boyolali dan kabupaten Magelang Jawa Tengah.
Selo juga merupakan perbatasan antara 2 gunung yang sangat terkenal yaitu gunung Merbabu dan gunung Merapi. Karena memang Selo diapit oleh kedua gunung tersebut. Untuk bisa sampai di Selo Kamu dapat melalui dua jalur.
Bagi Kamu yang berasal dari daerah timur Boyolali Kamu dapat melalui ibukota kabupaten Boyolali, naik menuju ke arah Selo/Magelang. Jalan melalui jalur ini cukup mudah untuk dilalui meskipun cukup menanjak tajam. Jalan sudah terbilang bagus karena sudah diperbaiki sejak kerusakan parah pada awal tahun 2016 lalu.
Jalannya berupa jalan semen yang dengan pinggirannya adalah tebing yang cukup dalam. Namun Kamu dapat melihat pemandangan kabupaten Boyolali dan Kota Solo.
Sedangkan bagi Kamu yang berasal dari daerah barat, Kamu bisa melalui magelang untuk menuju Selo. Untuk jalur yang ini jalanan  masih cukup sulit untuk dilalui. Banyak jalan rusak yang belu diperbaiki sejak lama. Selain itu di jalur ini cukup banyak truk pengangkut pasir dan batu yang berlalu lalang sehingga cukup menggangu perjalanan.

Potensi Wisata Gancik Hill Top


Apabila Kamu ke Gancik Hill Top Kamu harus melewati lahan perkebunan warga yang ditanami tembakau dan beberapa jenis sayuran. Karena sebelum menjadi tempat wisata, Gancik Hill Top hanyalah hamparan tanaman pinus gunung yang berada diatas lahan pertanian warga. Namun beberapa tahun terakhir Gancik digarap oleh warga sekitar menjadi tempat wisata yang sangat memesona.

Untuk bisa sampai di bukit gancik Kamu harus berjalan melewati jalan setapak yang cukup jauh. Jalanan ini sangat menanjak, jadi Kamu perlu mempersiapkan diri untuk mulai berjalan. Namun tenang saja, jalan yang Kamu lalui bukan seperti jalan untuk mendaki gunung. Meskipun cukup berat untuk dilalui, jalannya sudah di semen sehingga bisa dilewati dengan mudah.

Ketika Kamu sampai diatas Gancik Hill Top Kamu akan terpesona dengan indahnya pesona tiga gunung, yaitu gunung Merapi, Merbabu dan Lawu. Tentu saja Kamu dapat melihatnya ketika Dihadapan Kamu dengan sangat jelas akan nampak gunung Merapi mulai dari kaki gunung hingga puncak gunung. Pemandangannya pas banget untuk menghiasi halaman instagram dan path Kamu.

Jalur Pendakian Baru

Jalur pendakian Gancik sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun dulu hanya digunakan sebagai jalur evakuasi apabila terjadi kecelakaan, kebakaran atau hal hal lain di puncak Merbabu. Jalur ini dipilih karena dirasa jalurnya lebih mudah dan memiliki waktu tempuh yang relatif lebih cepat.
Mulai tahun 2016, Jalur pendakian Gancik mulai diperbaiki oleh warga sekitar dan dibuka sebagai jalur pendakian baru. Meskipun hingga saat saya kesana jalur pendakian ini masih ilegal karena belum ada izin dari Balai Taman Nasional Gunung Merbabu. Izin pembukaan jalur ini secara komersial baru dari Dinas Pariwisata kabupaten Boyolali.
Jalur pendakian ini sebenarnya tidak jauh dari jalur pendakian Merbabu via Selo. Karena  untuk sampai ke jalur Selo mestinya lewat daerah Gancik ini. Sehingga dulu waktu saya berencana mendaki Merbabu via Selo, dicegat oleh tim dari Gancik agar mendaki melalui jalur gancik, apabila mau lanjut ke Selo harus membayar retribusi jalan sebesar 5000 rupiah per orang.
Perbedaan jalur Selo dan jalur gancik adalah dari basecamp sampai pos tiga. Selebihnya sampai puncak adalah jalur yang sama dengan jalur Selo. Jalur pendakian gancik memiliki medan yang cukup mudah dilewati. Jalurnya tidak terlalu lebar dan masih banyak yang dikelilingi oleh padang ilalang.
Jalur ini cocok untuk para pendaki pemula dan wanita, karena jalurnya banyak yang datar. Selain itu waktu tempuhnya satu jam lebih cepat daripada jalur Selo.

Fasilitas Yang Disediakan

Sebagai lokasi wisata Gancik Hill Top memiliki gardu pandang diatas bukit. Gardu pandang ini dibangun menggunakan bambu dengan ketinggian sekitar 15 meter. Selain itu terdapat jembatan bambu untuk menuju ke gardu pandang, sehingga sangat pas untuk kamu yang suka berfoto. Dari gardu pandang ini kamu bisa melihat gunung Merapi mulai dari kaki gunung hingga puncak gunung.
Pedagang pedagang yang berjualan memiliki lokasi khusus yaitu di tepi jalan menuju ke atas bukit. Yang unik dari lokasi berdagang ini adalah lapaknya berupa tanah yang dibentuk menjadi meja dan kursi. Lokasi para pedagang ditata sedemikian rupa sehingga tidak mengganggu pemandangan. Kamu bisa menikmati pentol atau bakso kuah panas dilokasi yang dingin ini.
Lokasi parkir untuk wisatawan dan pendaki adalah di rumah warga seperti basecamp basecamp pendakian lain. Apabila sedang tidak terlalu ramai, motor bisa diletakkan di dalam rumah sehingga cukup aman dan tidak kepanasan. Lokasi parkir ini sekaligus bisa digunakan sebagai tempat istirahat sebelum dan sesudah perjalanan ke Gancik Hill Top.
Bagi Kamu yang ingin merasakan sensasi mendaki gunung tapi tidak ingin sampai puncak, Gancik Hill Top mungkin bisa menjadi tempat pilihan Kamu. Jalur yang cukup menanjak dan pemandangan gunung Merapi Merbabu dan gunung lawu sudah berasa di puncak gunung andong.
Lama perjalanan selama 30 menit menanjak sudah cukup membuat Kamu lelah.

0 comments:

Post a Comment