Friday, 13 January 2017

Keindahan Wisata Tasikmalaya

Tasikmalaya adalah sebuah kota di wilayah selatan Jawa Barat yang cukup mendapatkan banyak kunjungan. Sebagian dari mereka datang untuk menengok keluarga, sebagiannya mungkin sengaja mengunjungi daerah-daerah wisata Tasikmalaya untuk menghabiskan liburan. Dan ada juga yang sengaja singgah saat melakukan perjalanan jauh menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur.
Para pelancong kebanyakan akan menuju wilayah pantai Tasikmalaya untuk menikmati suasana laut dengan rata-rata ombaknya yang besar atau bergerak menyasar daerah wisata seperti Gunung Galunggung. Bahkan ada juga yang tidak mengunjungi obyek wisata manapun karena mereka hanya ingin beristirahat dari perjalanan jauh dengan menyewa hotel di Tasikmalaya.
Para pelancong yang sekedar singgah itu mungkin tidak sempat berjalan-jalan mengagumi kota Tasikmalaya dan beberapa wisata pantainya yang menarik. Meski demikian biasanya sesi kuliner tidak pernah dilewatkan begitu saja. Bagi Anda yang memiliki waktu untuk menjelajah Tasikmalaya, Anda mungkin tidak akan puas jika hanya berdiam di hotel Tasikmalaya. Ada beberapa keindahan wisata Tasikmalaya yang bisa Anda nikmati.

Beberapa obyek wisata tasikmalaya yang bisa Anda kunjungi

Gunung Galunggung

Gunung Galunggung adalah gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian sekitar 2.167 meter di atas permukaan laut. Gunung ini menawarkan keindahan pemandangan yang luar biasa terutama kawahnya yang memiliki danau hijau yang cantik. Berjarak 17 km dari pusat kota Tasikmalaya, kawah Gunung Galunggung adalah destinasi yang paling diminati para wisatawan.
Jangan dibayangkan jika ingin melihat kawah Gunung Galunggung Anda harus mendaki seperti para pendaki professional. Ada 620 anak tangga yang akan membantu wisatawan menuju kawah di puncak Gunung Galunggung.
Menariknya, selama Anda meniti satu persatu anak tangga, Anda akan menyaksikan pemandangan alam yang luar biasa seperti Hutan Ericaceous dan Hutan Montane. Perjalanan juga terasa menyenangkan karena sepanjang pendakian Anda akan dimanjakan oleh pohon-pohon rindang serta udara sejuk yang berhembus sepoi-sepoi.
Setelah sampai di puncaknya, Anda akan segera mendapati danau di dasar kawah Gunung Galunggung yang berwarna hijau cantik sekali. Di tengah-tengah danau tersebut ada sebuah gugusan pulau kecil yang di atasnya ditancapkan bendera Indonesia Merah Putih yang berkibar dengan gagahnya. Oh ya, danau cantik tersebut merupakan tempat tinggal habitat laut seperti ikan warna-warni yang bisa ditangkap lho.
Nah, di sini Anda bisa menghabiskan waktu dengan memancing. Anda tak perlu khawatir kelaparan karena ada banyak warung-warung makan yang menjual makanan ringan, berat, dan juga berbagai jenis minuman. Apalagi jika Anda lupa untuk membawa bekal makan saat meninggakan hotel di Tasikmalaya.

Pantai Cipatujah

Beralih dari Gunung Galunggung, Tasikmalaya memiliki wisata pantai yang sangat luas yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Nampak perkebunan kelapa dan juga rumput ilalang di sekitar pantai yang membuat suasana terlihat lebih teduh. Pantai itu adalah Pantai Cipatujah yang melandai dengan hamparan pasirnya yang berwarna putih, cocok untuk tempat bermain pasir.
Pantai Cipatujah menghubungkan Pantai Pangandaran di Pangandaran dengan Pantai Pelabuhan Ratu di Sukabumi. Pantai ini sempat terkena tsunami parah di tahun 2006 lalu. Namun kehancuran ini segera dipulihkan agar geliat wisata Tasikmalaya kembali bergelora.
Selain mencoba memancing ikan yang bisa dilakukan di muara sungai Cipatujah, Anda bisa menyaksikan balapan kerbau yang diadakan para penggembala yang diiringi dengan tabuhan pencak, rampak kendang, ditambah angklung khas sunda.

Pantai Sindangkerta

Nah, jika Pantai Cipatujah lebih dikenal oleh para wisatawan, maka pantai yang satu ini agak terlupakan. Sebenarnya Pantai Sindangkerta sangat mudah ditemui karena letaknya berada pada jalur gugusan wisata Tasikmalaya pantai selatan. Jaraknya hanya 20 km dari Pantai Cipatujah.\
Tempat wisata Tasikmalaya ini memiliki daya tarik tersendiri yakni kawasan pantainya dan gugusan karang yang masih terbilang asri. Anda juga bisa menyaksikan penangkaran penyu karena pantainya memiliki taman laut di mana habitat penyu (celonyamidas) leluasa menetaskan telur-telurnya. Pemandanganbawah lautnya indah lho.
Di Pantai Sindangkerta, Anda bisa menyaksikan perahu-perahu nelayan yang ditambatkan di pelabuhannya. Ya, pantai ini adalah terminal bagi perahu nelayan yang datang dan pergi untuk melaut. Dan seperti yang sudah Anda duga, Anda bisa segera menikmati sajian seafood yang masih segar di warung atau restoran yang bertebaran di pinggir pantai.

0 comments:

Post a Comment